Resensi Film Frozen

Saturday, May 31, 2014


Resensi Film Frozen : Cinta Sejati Mencairkan Hati yang Beku



§  Data/Identitas Film
Judul : Frozen
Jenis Film : Animation, Adventure, Comedy, Musical
Produser : Peter Del Vecho
Sutradara : Chris Buck, dan Jennifer Lee
Penulis Naskah : Jennifer Lee
Penyunting : Jeff Draheim
Musik : Christophe Beck         
Durasi Film : 102 menit
Perusahaan Film : Walt Disney Animation Studios
Diputar : Mulai 27 November 2013 di bioskop seluruh Indonesia


§  Pemeran Film Frozen
Kristen Bell sebagai Anna
Idina Menzel sebagai Elsa
Jonathan Groff sebagai Kristoff
Josh Gad sebagai Olaf
Santino Fontana sebagai Hans
Ciaran Hinds sebagai Grandpa/Pabbie
Livvy Stubenrauch sebagai Young Anna
Eva Bella sebagai Young Elsa

§  Pendahuluan
       Frozen adalah sebuah film animasi 3D tahun 2013 produksi Walt Disney Animation Studios dan dirilis ke bioskop oleh Walt Disney Pictures pada tanggal 27 November 2013. Film ini merupakan film animasi ke-53 dari Walt Disney Animated Classics yang dibuat berdasarkan dongeng Hans Christian Andersen berjudul Ratu Salju.
§  Isi
                   Cerita film ini dimulai dengan menunjukkan kehidupan para pemanen es di gunung dan Kristoff kecil bersama sahabat rusanya, Sven. Para pemanen bernyayi bahwa es punya kekuatan sihir dan berkata bahwa kita harus berhati-hati kepada orang yang berhati beku. Sementara itu, di istana Kerajaan Arendelle, Putri Anna kecil mengajak kakaknya Elsa untuk bermain salju. Elsa mempunyai kekuatan sihir mengeluarkan es dan salju. Ketika kedua putri tersebut membuat boneka salju dan bermain es di dalam istana, tanpa sengaja Elsa mengenai kepala Anna dengan semburan esnya sehingga membuat Anna pingsan. Sebagian rambut Anna memutih. Raja dan Ratu sangat panik. Mereka membawa Anna dan Elsa bertemu troll di hutan untuk menyembuhkan Anna. Troll tua bernama Grand Pabbie mengambil ingatan Anna tentang sihir Elsa. Dia juga mengingatkan Elsa bahwa ketakutan akan menjadi musuh terbesarnya. Karena kejadian tersebut, sang raja menutup istana dari dunia luar.



                   Tidak ada yang boleh tahu tentang kekuatan sihir Elsa. Ketika para putri beranjak remaja, Raja dan Ratu pergi berlayar. Namun mereka meninggal dalam badai. Tiga tahun kemudian, tibalah saatnya untuk Elsa dinobatkan menjadi Ratu Arendelle. Anna sangat gembira karena akhirnya istana dibuka untuk rakyat biasa. Anna yang selalu kesepian karena didiamkan Elsa, tidak sabar untuk bertemu orang-orang di luar sana. Ketika Anna berjalan-jalan di kota, Anna bertemu Pangeran Hans dari Kepulauan Selatan. Dengan sekejap Anna jatuh cinta pada Pangeran Hans. Di pesta dansa, Anna meminta Elsa merestuinya untuk menikah dengan Hans. Akan tetapi, Elsa menolak memberi restu kepada Hans dan malah memerintahkan penjaga untuk menutup istana lagi. Anna dan Elsa berdebat sampai tidak sengaja Elsa mengeluarkan sihir esnya sehingga membuat orang-orang takut, dan melarikan diri ke Gunung Utara karena takut melukai orang banyak. Lalu Arendelle diliputi salju abadi.

      
                   Anna memutuskan untuk mencari kakaknya dan memperbaiki masalah yang terjadi di Arendelle. Dia juga menugaskan Pangeran Hans untuk mengurus kerajaan. Dalam perjalanan mencari Elsa, Anna bertemu Kristoff yang ingin membeli barang kebutuhan di Toko Oaken. Anna mendengar bahwa Kristoff tahu di mana Gunung Utara sehingga dia meminta bantuan Kristoff untuk mengantarnya ke Gunung Utara dan mencari Elsa. Anna, Kristoff, dan Sven bertualang ke Gunung Utara menghadapi serigala dan bahkan bertemu manusia salju ajaib yang dapat berbicara, Olaf. Sesampainya di Gunung Utara, Anna berusaha membujuk Elsa untuk kembali ke Arendelle. Namun Elsa marah karena dia merasa dia tidak mungkin dapat menghilangkan salju abadi di Arendelle. Diapun tanpa sengaja mengenai hati Anna dengan kekuatan esnya sehingga hati Anna beku. Kristoff membawa Anna bertemu Grand Pabbie. Grand Pabbie menyebutkan bahwa hanya tindakan cinta sejati akan mencairkan hati yang beku. Kristoff segera membawa Anna kembali ke istana supaya dia bisa mendapatkan cinta Hans.


                   Ternyata Hans adalah penipu dan penjahat. Hans tidak mau dan malahan memadamkan api penghangat di istana dan membiarkan Anna agar mati kedinginan. Dia sebenarnya hanya mau menikahi Anna supaya dia bisa menjadi raja Arendelle.. Anna menggigil di istana dan Olaf datang menolongnya. Olaf memberitahu Anna bahwa Kristoff sebenarnya mencintai Anna. Annapun bergegas keluar istana dibantu Olaf untuk menemui Kristoff. Sementara itu, Hans berhasil menemukan Elsa dan menipu Elsa bahwa Anna sudah mati.


                   Dalam perjalanan menemui Kristoff, Anna melihat bahwa Hans akan membunuh Elsa dengan pedangnya. Annapun menghalangi Hans dan badannya seketika langsung membeku menjadi es. Pedang Hans patah serta Hans jatuh dan pingsan. Elsa sadar bahwa Anna sudah meninggal. Dia menangisi Anna, namun tiba-tiba es yang menyelimuti tubuh Anna mencair. Kristoff, Olaf, dan rakyat Arendelle menyaksikan bahwa tindakan cinta sejati menghidupkan Anna kembali. Dengan cinta, Elsa pun dapat mengangkat musim dingin dari Arendelle. Cinta sejati antara kakak dan adik.


Kekurangan & kelebihan

Kekurangan
1.    Adegan Elsa menggunakan kekuatannya kurang banyak
2.    Komedinya agak kurang pada film tersebut.

Kelebihan
1.    Animasi musical 3D yang bagus, sehingga mendapatkan banyak penghargaan.
2.    Soundtrack yang sangat bagus berjudul Let it go.
3.    Setiap karakter mempunyai suara yang khas.

§  Penutup

            Film tersebut layak dan ditonton oleh semua kalangan, karena dalam alur film tersebut dapat menghibur semua kalangan. Selain itu, musikal dalam film tersebut sangat bagus dan enak untuk didengar. Efek animasi dalam film tersebut juga sangat bagus. Seseorang yang dapat memebekukan satu kota.

inilah informasi dari kami.


Reaksi: