Alat yang digunakan di Destilasi

Saturday, March 16, 2019



Destilasi adalah pemisahan suatu zar dari perbedaan titik didihnya. Berikut alat yang digunakan pada alat destilasi.


Bubble Tray Column
Bubble cup tray merupakan jenis tray yang paling tua dibandingkan dengan jenis tray yang lain. Pada bubble cup tray cairan (feed) akan turun ke bawah kolom melalui tray, dengan ada weir di setiap tray jadi cairan yang turun akan mengisi tray dengan ketinggian tertentu dan cairan yang melebihi weir ini akan turun melalui downcomer ke tray dibawah. Uap naik ke atas melewati riser dan oleh bubble cup dibelokkan melewati slot lalu menembus cairan. Aliran uap berfungsi untuk menurunkan tekanan parsial senyawa hidrokarbon. Kelebihan dari bubble cup tray adalah  di penggunaan riser yang memastikan banyaknya cairan yang akan tertahan di tray adalah tetap, berapapun kecepatan aliran uapnya.

Bubble Tray Column






















Kondensor
Kondensor adalah sebuah alat yang dipakai untuk membuang kalor(panas) ke lingkungan, jadi uap refrigeran akan mengembun dan berubah wujud dari uap ke cair. Sebelum masuk ke kondenser refrigeran berupa uap akan bertemperatur dan bertekanan tinggi, lalu setelah keluar dari kondensor refrigeran berupa cairan jenuh yang bertemperatur lebih rendah dan bertekanan (tinggi) seperti sebelum masuk ke kondensor.

Kondensor


















Destilation Bridge
Destilation Bridge mempunyai ukuran diameter 25 mm dengan 2 (dua) sambungan yaitu dengan 2 (dua) sambungan yaitu dengan kondensor dan kolom destilasi . Perangkat ini juga memiliki koneksi untuk dipasangkan termokopel di bagian atas. Destilation Bridge berguna sebagai penghubung antar kolom fraksinasi dengan kondensor sekaligus memperbesar waktu tinggal uap sebelum masuk ke dalam kondensor.

Destilasi












Termokopel
Termokopel adalah sensor suhu yang banyak digunakan untuk mengubah perbedaan suhu dalam benda menjadi perubahan tegangan listrik (voltase). Termokopel yang sederhana boleh dipasang, dan mempunyai jenis konektor standar yang sama, serta dapat mengukur temperatur dalam jangkauan suhu yang cukup besar dengan rentang -200oC hingga 1200oC

Termokopel










Pemanas
Pemanas yang digunakan dalam unit destilasi ini adalah jenis heating mold dengan dimensi panjang 80 cm, lebar 70 cm dan tinggi 90 cm. Autoclave pada pemanas ini bekerja di tegangan 220 V dengan kuat arus 10 A. kerana tidak dilengkapi dengan motor pengaduk yang berguna sebagai pemutar magnetic, stirrer bar, maka dalam praktiknya dianjurkan menggunakan batu didih untuk menseragamkan suhu di dalam labu leher 2 (dua) untuk menghindari terjadi letupan. Batu didih dapat berupa pecahan silica

Pemanas jenis heating mold


















Unit Vakum dan Unit Sirkulasi Air Pendingin
Pengoperasian unit destilasi berada dibawah kondisi vakum (hampa) yang terkondisikan dengan double jet vakum. Pengkondisian ini dimaksudkan untuk membantu proses destilasi dalam mengalirkan komponen-komponen ringan ke puncak kolom destilasi kemudian masuk ke dalam kondensor dan tempat penampungan. Unit vakum terdiri dari sebuah pompa sirkulasi, double jet vaccum, dan bak penampungan sirkulasi. Pompa sirkulasi mengalirkan air dari bak penampungan menuju ke dalam dua unit jet vakum ke dalam koil kondensor sebagai air pendingin. Unit sirkulasi air pendingin merupakan suatu perpaduan dengan unit vakum dimana air yang dipompakan dari bak penampungan akan teralirkan juga menuju kondensor. Hal yang perlu diperhatikan adalah kestabilan dari laju air pendingin agar tidak memperngaruhi proses destilasi saat berjalan.

Rumus untuk menghitung Specific Grafity di destilasi
Specific gravity pada crude oil didefinisikan sebagai perbandingan antara densitas (massa jenis) minyak dengan densitas (massa jenis) air yang diukur di tekanan dan suhu yang sama yang dirumuskan sebagai berikut :














Keterangan : 
Sg    = Specific Gravity
Pf     = densitas fluida sampel
Pref  = densitas refrensi air

Biasanya specific grafity digunakan dalm pembicaran tentang sifat-sifat fisik cairan yang diukur pada keadaan standar yaitu pada suhu 60oF dan tekanan atmosfer (14.7 Psia). Dan selain itu, didalam dunia industri perminyakan juga digunakan besaran Sg yang lain yaitu oAPI Gravity yang dirumuskan sebagai berikut :


Reaksi: