Armada Tipuan Amerika Masa Perang Dingin

Tuesday, March 7, 2017



Saat era perang dingin, tepatnya zaman Ronald Reagan jadi presiden Amerika tahun 1980-an, Presiden Amerika ke-40 itu pernah membuat keputusan ingin memperbesar armada Angkatan Laut Amerika hingga 600 lebih kapal perang termasuk kapal selam. Kongres Amerika pun setuju dengan keputusan itu dan oleh sebab itu Angkatan Laut Amerika mulai mengaktifkan kembali 4 buah "Battleship" kelas Iowa pada tahun 1984. Tujuan sebenarnya adalah untuk mengecoh dan "Menjebak" USSR atau Uni Soviet yang masa itu merupakan musuh besar Amerika supaya negara komunis itu terpancing dalam membuat juga kapal kapal perang mereka untuk menyaingi rival berat mereka (Amerika) sehingga Soviet pun lebih giat membangun kapal-kapal perang terutama terutama yang berukuran besar untuk menjadi "Lawan balik" Iowa class dan kemudian akan menguras ekonomi Soviet yang sudah mulai anjlok, terutama di tahun 80-an.

Soviet pun membangun kapal "cruiser" atau penjelajah nuklear yaitu Kirov untuk bersaing dengan Iowa. Tapi, Iowa sebenarnya kapal yang sudah usang waktu itu dan diakui oleh beberapa bekas kelasi dan komandan yang pernah bedinas di kapal itu kalau kelas Iowa sendiri tidak layak dibawa ke medan perang di zaman modern. Walaupun ditambah atau di"upgrade" dengan senjata modern seperti Phalanx, Tomahawk dan Harpoon dan dengan meriam utamanya yang dari zaman Perang Dunia II sekalipun, campuran senjata modern dan klasik itu tidak sama sekali membawa apa-apa kelebihan pun dalam Angkatan Laut Amerika, belum lagi biaya pengoperasiannya yang mahal. Tapi, ini hanyalah pancingan untuk Soviet. 

Soviet pun yang merasa lebih superior dan mungkin "takut hilang muka" di mata negara-negara lain mencoba berlomba dengan membangun banyak kapal perang seperti kelas Kirov, Kelas Udaloy dan kelas Sovremenny serta memodernkan kapal-kapal "destroyer" era 60-an dan 70-an sebagai upaya "menyahut" tantangan Amerika. Dan akhirnya, Soviet pun masuk ke dalam jeratan. Banyaknya Kapal-kapal yang dibangun Soviet sampai ekonomi Soviet jatuh parah. Rakyat semakin miskin bahkan sampai membeli roti pun susah. Banyak proyek-proyek kapal perang yang mangkrak terbengkalai, pekerjanya pula mogok karena kurang gaji dan bahkan tak bergaji, ditambah pula tentara angkatan laut Soviet yang mulai tidak puas dengan tertundanya gaji sehingga ada yang berhenti atau lari dan kembali ke kampung halaman jadi penjual vodka. 

Jadi tujuan sebenarnya Iowa diaktifkan dalam Angkatan Laut Amerika tahun 80-an semata-mata hanya untuk "show of force" dan menjebak Soviet dalam kekalutan Ekonomi yang saat itu pun ekonomi Soviet sudah mulai melemah. Kalau dalam filem Battleship itu hanya hiburan Hollywood saja. Karena dalam kenyataanna untuk mengoperasikan kapal "Battleship" sebesar tu mustahil dalam waktu singkat. Seperti dalam melatih kru kapal Iowa yang baru, itu memakan masa yang lama, perlu latihan keras apalagi kapal tersebut Kapal era Perang Dunia II yang tidak semua sistem di kelas Iowa dimodernkan. Dan sebagai contoh, pada tahun 1998 pernah satu kapal "Battleship" USS Missouri (atau dikenal sebagai "Big Mo" ditunda berlayar dari tanah besar Amerika ke Hawaii yang tujuannya untuk dijadikan musium di Hawaii dikarenakan tidak ada kru yang benar-benar layak membawa kapal perang era Perang Dunia II itu ke Hawaii, walaupun mesin Missouri saat itu dalam keadaan baik untuk belayar.



Reaksi: