Info Perbedaan Orang Jawa Tengah dan Jawa Timur

Friday, May 10, 2019



Wong Jowo (Orang Jowo) , Halo Sobat piye kabare ? apik2 ae kan hehehe. Artikel kali ini akan membahas mengenai perbedaan Orang Jawa Timur dengan orang Jawa Tengah, juga mengenai Wong Jowo di Malaysia. Yuk Simat sobat sekalian 
BEZA JAWA TIMUR DAN JAWA TENGAH
Sblm aku mengkaji budaya2 Nusantara dulu, aku pernah berasa hairan bila org Indonesia kata pada aku: Org jawa itu halus2 sih, jiwanya lembut dan bahasanya sopan. Jika marah, selalu dipendam dan jarang ditunjukkan.

Aku bingung, sbb Jawa yg aku knl di Malaysia khususnya Semenanjung, agak keras sifatnya dan jenis bersifat terbuka. Kalau marah, mmg betul marah dan kebanyakkan mereka berani, kalau di sekolah aku dulu, bdk2 keturunan Jawa, Banjar, Boyan, Bugis, Madura (majoriti anak Setinggan) yg selalu lebih bersifat lantang jika dibandingkan Melayu asli apabila bab bergaduh kaum Melayu dgn Cina dan India.
Terus, bila org Indonesia ckp org Jawa itu lembut. Aku heran. Tp, rupa2nya apa yg dikatakan mereka itu benar. Jawa yg bersifat lembut itu berasal dari Jawa Tengah. Ada beza yg amat ketara antara org Jawa Tengah dgn Jawa Timuran. Jawa tengah khususnya lebih gemar menggunakan bahasa tingkatan Halus dan Tengah. Sedangkan Jawa Timuran lebih gemar menggunakan bahasa tingkatan Kasar (Ngoko) dan amat jarang menggunakan Jawa Halus kecuali pada org tk dikenali dan jika ingin kelihatan sopan. Dari segi sifat, org Jawa Tengah ini seakan2 seperti org Sunda (1 lg etnik yg mendiami kawasan paling barat pulau Jawa) cuma bahasa dan budaya shj sikit berbeza.
Skrg berbalik pada Jawa di Malaysia, majoriti mmg berasal dari Jawa Timur. Maka tk hairanlah majoriti Jawa di Malaysia tk tahu berbahasa Halus, jika ada pun, amat sedikit dan sbb mereka ingin melestarikan budaya jawa di Malaysia. Jawa timuran mmg lebih keras dan bersifat terbuka berbanding jawa tengah, kerana mereka byk dipengaruhi budaya Madura yg hdp berdampingan dgn mereka, manakala jawa tengah lebih lembut, kerana mereka lebih dkt dgn Sunda. Jd nah, nmpk ya yg budaya persekitaran itu dpt mempengaruhi perilaku dan peribadi seseorang.
Jd mari kita ungkapkan sikit, tentang:
JAWA TIMUR
Jika merujuk dari segi kebudayaan , propinsi jawa timur terbagi dalam 3 sub kebudayaan , yaitu :
~ AREK.
~MATARAMAN.
~TAPAL KUDA.
Jika melihat dari sub kebudayaan,

~Wilayah Arek meliputi :
Surabaya,gresik,sidoarjo,lamongan,tuban,mojokerto,malang,pasuruan wilayah barat, kultur masyarakat "Arek" mayoritas jika di tarik dari segi kultur ,mayoritas masyarakat jawa yang berbahasa jawa ngoko ( jawa kasar ) , mempunyai temperamen sangat egaliter & keras,
~ Wilayah Mataraman meliputi : 
Bojonegoro,jombang,kediri,blitar,tulunggagung,madiun,pacitan,trenggalek,ponorogo,nganjuk,dan ngawi.Dari segi kebudayaan masyarakat mataraman sangat mirip dengan masyarakat jawa tengah ( pusat mataram ) , berbahasa jawa krama inggil ( jawa halus ),kultur masyarakat sedikit tertutup dan alur kehidupan sedikit lamban daripada wilayah arek yang sedikit cepat , mungkin peran seperti pepatah " alon alon asal klakon " masih berlaku di daerah mataraman.
~ Wilayah Tapal Kuda , meliputi : 
Pasuruan timur,probolinggo,jember,lumajang,bondowoso,situbondo,banyuwangi, jika merujuk dari segi kebudayaan, wilayah tapal kuda adalah wilayah bertemunya budaya jawa & budaya madura, yang tumbuh di tanah jawa, dimana peran pendatang suku madura dari pulau madura yang hidup membaur dengan masyarakat jawa dan secara budaya, menciptakan budaya baru yang dimana budaya jawa & madura menjadi satu,dan bahasa madura masih kekal di sana selain bahasa suroboyoan.

Reaksi: