Fakta ! Mourinho Pelatih Sukses yang Mendapat 2x Gelar Bergengsi Eropa

Friday, May 26, 2017



Jose Mourinho
 baru saja sukses mengantarkan Manchester United menjadi juara Liga Eropa. Ini adalah prestasi penting bagi United meski prestise dan gengsi kompetisi ini berada di bawah Liga Champions.


Namun kemenangan ini menjadi penting mengingat salah satu hadiah utama menjadi juara Liga Europa adalah tiket ke Liga Champions musim depan. Karena misi ini pula Mourinho memutuskan rela 'melepas' perburuan tempat di 4 besar demi bias fokus berkancah di Liga eropa.

Hasilnya memang memuaskan bagi United. Mereka berhasil lolos ke Liga Champions sembari memenangkan trofi. Bagi Mourinho sendiri, kesuksesan kali ini menambah daftar rekor yang dimilikinya.

Mourinho menjadi pelatih pertama yang bisa memenangkan dua gelar juara kompetisi klub UEFA lebih dari sekali. Artinya adalah, Mourinho sudah berhasil memenangkan Liga Champions dan Liga Eropa sebanyak 2 kali di sepanjang kariernya. Belum pernah ada pelatih lain bisa mendapatkan prestasi ini.


Mourinho memenangkan Liga Eropa (UEFA Cup) pertamanya bersama Porto pada tahun 2003. Setahun berselang, ia membawa Porto menjadi juara Liga Champions. Pada tahun 2020, ia mengantar Inter sukses meraih treble winners. termasuk memenangkan partai bergengsi yaitu , Liga Champions.


Yang menarik, Mourinho juga memenangkan 4 trofi itu hanya dalam 4 pertandingan final saja. Artinya, Mourinho belum pernah kalah untuk final kompetisi Eropa. 

Sekian berita sepak bola terkini kali ini. Sampai berjumpa di artikel-artikel yang membahas secara simpel dan menarik lainnya. 

Reaksi: