Ini Dia Gan , Kota Paling Panas di Indonesia , Lebih Panas daripada Kota Bekasi !!!

Thursday, May 4, 2017



Setelah sebelumnya ane membuat artikel mengenai Kota paling dingin di Indonesia dan di Dunia, kali ini ane akan memberi tahu kepada para pembaca sekalian Kota paling panas di Indonesia


Jika Kota Bekasi di Jawa Barat yang kalian piker panasnya yang teramat sangat. Tapi ada kota lain yang temperaturnya lebih tinggi dari kota di pinggiran Ibukota tersebut.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut, temperature di Bekasi sekitar 35-36 derajat celsius. Termasuk panas. Namun masih ada yang lebih panas lagi , yaitu Kota Branti di Lampung dan Bima di Nusa Tenggara Barat (NTB).

"Di Branti dan Bima temperaturnya mencapai 39 derajat celsius," ucap Kepala Sub Bidang Cuaca Ekstrem Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) M Fadli 

Kota Bima















Dia mengatakan, hampir sebagian besar wilayah Jawa dan kawasan Indonesia bagian selatan mengalami suhu yang cukup tinggi. Ini karena radiasi matahari memang bergerak ke arah selatan, yaitu ke daerah Jawa dan sekitarnya. 

Hal itulah yang menyebabkan panas yang teramat di sebagian besar wilayah Jawa. Ditambah lagi suhu muka laut yang berada di Laut Jawa juga tak terlalu hangat sehingga pembentukan awan hujan sedikit.

Selain itu, sambung dia, angin dari Indonesia secara umum berasal dari angin timur atau Australia. Angin ini sifatnya kering dan kencang. Hal ini mengakibatkan proses terjadinya penguapan tidak cukup tinggi atau berkurang.

Jika dibandingkan dengan Kota Branti dan Bima, 
panas Bekasi masih tak ada apa-apanya. (Ein)

Reaksi: