Mulia, Kota Paling Dingin di Indonesia, Sedingin Kota London !

Wednesday, May 3, 2017


Menjadi bagian dari Kabupaten Puncak Jaya, Provinsi Papua, Distrik Mulia atau Kota Mulia memiliki daratan seluas 883 km persegi. Distrik Mulia berada pada ketinggian 2.448 mdpl, sehingga wilayah ini memiliki udara yang cenderung dingin.

Dari informasi situs Wikipedia, temperatur udara di Distrik Mulia di malam hari mencapai 9 derajat celcius. Suhu tersebut sama dengan suhu rata-rata di London, Inggris. Lokasinya yang tak jauh dari Pegunungan Jaya Wijaya membuat daerah ini terkadang memiliki suhu udara mencapai titik beku.



Data dari Badan Metereologi dan Geofisika, curah hujan di kawasan Kabupaten Puncak Jaya terjadi hampir sepanjang tahun. Untuk mencapai Distrik Mulia satu di antaranya adalah menggunakan pesawat kecil jenis Caravan yang hanya dapat memuat sembilan penumpang.
Pesawat ini mendarat di satu-satunya bandara di Mulia.

Perjalanan menuju Distrik Mulia dapat ditempuh selama satu jam dari Kota Jayapura.

Karena Distrik Mulia berada di lembah gunung, maka pesawat harus melewati sela-sela gunung sesaat sebelum mendarat.Selain menggunakan pesawat, Distrik Mulia dapat ditempuh dengan menggunakan transportasi darat. Selama 16 jam, perjalanan harus melewati jalan berupa tanah dan bebatuan. Selain itu mesti melewati punggung bukit dengan jurang yang dalam di sisi kiri dan kanan.

Meskipun begitu, distrik ini sudah mulai terkena arus modernisasi yang ditunjukkan dengan adanya sejumlah kantor pemerintahan. Selain itu, jalan raya di daerah inipun sudah dilapisi dengan aspal, sehingga menjadikannya jalanan yang cukup baik.

Pemukiman penduduk pun tersebar di seluruh penjuru Distrik Mulia yang dilengkapi dengan berbagai fasilitas publik di antaranya rumah ibadah, rumah sakit, sekolah, dan tempat olahraga. Sebagai sumber listrik, Distrik Mulia mempunyai sebuah Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA).


Reaksi: