Cara Mengamankan Wifi Indihome dari Hacker

by | Tuesday, December 3, 2019






Di era digital seperti saat ini keamanan merupakan hal yang paling penting atau mendasar, apalagi jika menyangkut dunia maya sebab setiap hari kita melakukan aktifitas internet atau online, entah itu untuk browsing, email, sosial media, internet banking, jual beli online dan lain-lain.

Para Peretas ataupun hacker bahkan orang biasa juga bisa masuk ke jaringan kita dengan aplikasi tertentu atau cara tertentu yang sudah banyak tersebar di internet. Baca Juga Daftar Propinsi di Indonesia

wifi


Nah apabila kita biasa menggunakan wifi sebagai penggubung ke internet kita mesti waspada, kenapa? ini dikarenakan jika settingan router wifi kita masih standar atau belum diotak atik maka setiap orang bisa dengan mudahnya menerobos masuk ke dalam jaringan kita apabila kita tidak melengkapinya dengan keamanan yang mumpuni.

Nah berikut ini saya akan membagikan tips atau cara mengamankan WiFi Indihome agar terhindar dari pembobolan orang-orang yang tidak bertanggung jawab untuk tujuan tertentu:

1. Ganti User dan Password Admin Router WiFi

Secara default Admin router wifi Anda biasanya adalah user: "admin" dan password: "admin", gantilah ini agar orang lain tidak bisa mengakses dan mengganti pengaturan router WiFi kita. Untuk melakukannya masuk ke halaman Admin router dapat melakukan ini dengan mengetikkan ¡°192.168.1.1¡± di browser web anda, dan kemudian masukkan nama pengguna dan password router. Hal ini berbeda untuk setiap router, jadi periksa dulu manual router anda


2. Sembunyikan SSID dan beri password yang sulit ditebak

Untuk mengamankan WiFi kita dengan cara menyembunyikan SSID WiFi kita agar tidak diketahui setiap orang. Kemudian beri enkripsi WPAPSKWPA2PSK serta beri password yang unik sulit ditebak misalnya menggabungkan huruf dan angka.

wifi


3. Kurangi Jangkauan Sinyal WiFi

Berikutnya adalah mengurangi jangkauan sinyal WiFi secara default jangkauan sinyal WiFi adalah 100% yang bisa menjangkau 15-20 meter, sangat jauh bukan? dengan mengurangi jangkauannya maka kita dapat meminimalisir dari jangkauan orang-orang yang tidak kita inginkan masuk jaringan kita.

wifi


4. Matikan fitur WPS

WPS merupakan cara lain untuk terhubung dengan WiFi tanpa menggunakan password, jadi sekuat apapun password yang kita gunakan, tetap saja bisa di hacking apabila fitur WPS masih aktif. Karena ada software yang bisa mengetahui pin WPS ini.


5. Mengaktifkan Fitur Filter Mac Address

Ini juga merupakan cara yang ampuh untuk menghindari pencurian jaringan WiFi kita yaitu dengan memfilter Mac address atau alamat Mac. Setiap perangkat itu memiliki alamat Mac yang berbeda beda entah itu laptop smartphone ataupun PC jadi jika Mac addressnya tidak terdaftar maka tidak bisa konek ke jaringan WiFi kita

wifi


6. Aktifkan Anti Port Scan

Untuk menghindari penyadapan aktifitas browsing aktifkan juga anti port scan untuk menangkal url atau situs yang kita kunjungi diketahui orang yang tidak bertanggung jawab.

wifi


7. Upgrade Firmware Router Wifi

Terakhir adalah Anda harus memeriksa apakah router anda menjalankan firmware terbaru. Anda dapat menemukan versi firmware yang ada router anda mengakses dashboard router.


Itulah beberapa tips yang bisa Anda coba untuk mengamankan wifi indihome, menghindari penyadapan dan hacking. Melindungi WiFi dari pencurian informasi dan membuat kita aman serta nyaman dalam berselancar di internet, semoga bermanfaat.






Artikel Menarik Lainnya :