Cara Mengamankan Akun Whatsapp (WA) agar Tidak Disadap

Wednesday, March 18, 2020





Salah satu aplikasi chatting terpopuler dan paling banyak digunakan serta diunduh hingga milyaran kali di seluruh dunia siapa yang nggak tahu? Iya namanya adalah Whatsapp atau biasa disingkat WA saja. Baca juga : Arti Pulber dan Rekber




Aplikasi pesan lintas platform yang memungkinkan kita bertukar pesan tanpa biaya pulsa, melainkan menggunakan paket data untuk melakukan obrolan online, berbagi file, bertukar foto dan lain-lain.

Tidak mengherankan jika banyak orang yang ingin mencuri informasi, memata-matai atau membajak akun whatsapp untuk digunakan untuk kepentingan tertentu. Sudah banyak kejadian yang terjadi hingga berlanjut ke proses hukum, maka dari itu alangkah baiknya mulai dari sekarang kita perlu mewaspadainya.

Nah berikut ini saya ingin berbagi tentang cara mengamankan akun whatsapp agar tidak disadap atau dibobol atau maupun dihack, simak langkah-langkahnya:



1. Aktifkan Verifikasi Dua Langkah

Cara mengaktifkannya:
- buka aplikasi whatsapp
- lalu pilih titik tiga pada pojok kanan atas
- pilih menu Setelan
- pilih akun
- pilih verifikasi dua langkah
- tekan aktifkan
- masukkan pin 6 digit lalu konfirmasi lagi



- masukkan email lalu konfirmasi lagi
- lalu klik simpan






Setelah aktif saat kita membuka aplikasi kasih whatsapp kita maka akan disuruh memasukkan PIN tersebut untuk masuk ke dalam WA, jadi ingat baik baik pin tersebut dan jangan membagikannya dengan orang lain.

2. Log Out Whatsapp Web

Caranya:
- buka aplikasi whatsapp
- lalu pilih titik tiga pada pojok kanan atas
- pilih Whatsapp Web
- pilih "log out from all devices"




Langkah ini bisa dilakukan apabila kita pernah menggunakan whatsapp web sebelumnya. Biasanya kita sering lupa untuk log out dari PC/laptop maka dari itu cobalah langkah ini.

3. Mengaktifkan notifikasi keamanan

Untuk menambah keamanan, pengguna dapat mengaktifkan notifikasi keamanan. Nantinya pengguna akan mendapatkan notifikasi apabila akunnya dibuka di perangakt lain.





4. Mengatur privasi di WhatsApp

Dengan menambah nomor ponsel maka kontak whatsapp bisa dengan mudah ditemukan dan dapat dhubungi orang lain oleh karena itu maka sebaiknya menjaga data diri dari pengguna lain yang tidak kita kenal. Dengan mengubah pengaturan tentang siap yang bisa melihat foto profil kita, info dan status kita nantinya hanya dapat dilihat oleh kontak/teman-teman saja.

5. Gunakan Aplikasi Whatsapp Resmi

Biasaanya kita sering menggunakan aplikasi pihak ketiga yang tidak resmi biasnya sudah dimodif dan ditambah dengan firur tambahan yang lebih menarik sebaiknya hindari itu untuk mencegah hal-hal yang tidak kita inginkan.




6. Update Aplikasi Whatsapp

Selalu update aplikasi Sobat agar terhindar dari penyalahgunaan pihak tertentu karena para pengembang biasanya menutup atau menambal celah keamanan aplikasi secara berkala. Jadi jangan sampai lupa biasnya juga ditambah dengan segudang fitur-fitur terbaru yang membuat aplikasi whatsapp menjadi lebih baik.


Itulah beberapa langkah tentang Cara Mengamankan Akun Whatsapp (WA) agar Tidak Disadap yang bisa sobat lakukan agar terhindar dari orang jail iseng tak bertanggung jawab, semoga bermanfaat. Baca juga : 10 Video Editor Terbaik

Reaksi: