Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan






Manfaat Tidur Siang Bagi Kesehatan - Manfaat tidur siang tidak hanya identik dengan kebiasan anak kecil namun menjadi hal krusial bagi siapa saja bahkan mereka yang sibuk beraktifitas. Ini bisa dibuktikan dari kantor-kantor baik instansi pemerintahan maupun swasta yang melengkapinya dengan ruangan khusus untuk tidur siang. Dari hal tersebut membuktikan bahwa tidur siang membawa banyak manfaat untuk kesehatan.

Dari sebuah studi yang kemudian diterbitkan dalam Proceedings of the National Academy of Sciences mengungkapkan bahwa tidur siang bisa meningkatkan daya ingat. Selain itu tidur siang juga membawa beberapa manfaat seperti berikut ini.

tidur siang


1. Mengurangi Efek Negatif Begadang


Begadang merupakan kebiasaan yang bisa berdampak buruk bagi kesehatan. Menurut penelitian, seseorang yang meluangkan waktu tidur siang selama 2,5 jam setelah malam sebelumnya hanya tidur selama 2 jam, kadar stress-nya akan berkurang dan tidak mudah sakit dibanding mereka yang kurang tidur malam hari tapi tidak tidur siang. Begadang bukan kebiasaan yang baik namun jika terpaksa harus dilakukan sempatkan tidur siang keesokan hari untuk menghindari efek negatifnya.

2. Mudah Menganalisa Informasi Baru


Sebuah studi yang dipresentasikan dalam pertemuan bertajuk American Association of the Advancement of Science menemukan fakta baru terkait manfaat tidur siang. Seseorang yang terbiasa tidur siang mampu melakukan tes lebih baik pada jam 6 sore dibanding siang hari. Sebaliknya mereka yang tidak tidur siang hasil tesnya jauh lebih buruk. Intinya semakin seseorang kurang tidur maka ketajaman otak akan semakin berkurang. Dengan begitu tidur siang sangat membantu menganalisa informasi atau hal-hal yang baru.

3. Meningkatkan Mood dan Membuat Lebih Kreatif


Manfaat tidur siang tidak hanya membuat seseorang terhindar dari pikiran kacau namun mampu meningkatkan mood atau rasa bahagia. Disamping itu dengan tidur siang maka otak kanan yang bertanggungjawab terhadap kreatifitas menjadi lebih kreatif. Hal ini bisa dibuktikan bahwa setelah tidur siang seseorang lebih banyak menemukan solusi atau jawaban terhadap satu permasalahan.

4. Menambah Kebugaran


Jika seseorang kurang tidur biasanya berujung pada keinginan untuk mengonsumsi junk food. Ketika kehilangan waktu tidur selama beberapa jam otomatis meningkatkan risiko berat badan bertambah. Oleh sebab itu pastikan mendapat waktu tidur yang cukup baik siang ataupun malam untuk mempertahankan berat badan ideal.


Manfaat tidur siang begitu banyak untuk kesehatan tubuh. Karena itu pastikan Anda memiliki waktu luang maximal 1 jam untuk tidur siang yang berkualitas.




Share this

Related Posts